Rabu, 10 April 2013

Air dan Kelangsungan Hidup Manusia


Air dan Kelangsungan Hidup Manusia

                Selama hidup manusia memerlukan sekitar 16.000 galon air. Untuk memenuhi kebutuhan dasar, yaitu minum rata-rata manusia memerlukan 2 liter per hari. Manusia mampu bertahan hidup sebulan tanpa makan, namun manusia akan mati dalam 3-5 hari tanpa minum. Hal ini disebabkan karena 70% manusia terdiri dari air. Air dalam tubuh manusia  mempunyai peranan yang sangat penting. Sekitar 80% dari cairan tubuh yang ada berupa darah yang berfungsi sebagai sistem transportasi.
            Air  adalah komponen yang sangat dibutuhkan tubuh. Air ternyata lebih dari sekedar menghilangkan rasa haus, minum 8-10 gelas air sehari secara rutin dapat membuat berbagai sistem yang terdapat dalam tubuh kita bekerja secara optimal. Sistem tubuh yang dimaksud adalah :
1.      Kulit. Minum cukup air dapat menjaga kelembabankulit, akibat pengaruh udara panas dari luat tubuh. Air sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit serta mencegah kekeringan. Fakta nya memang sudah banyak, jika manusia jarang minum air mineral maka akan cepat sekali terlihat pada kulit tangan yang kering karena tidak suka minum air. Berbeda dengan yang sering minum air tanpa menggunakan lotion untuk kulit pun kulitnya tidak mengering.
2.      Menjaga kestabilan suhu tubuh. Keringat adalah mekanisme alamiah untuk mengandalkan suhu tubuh. Agar dapat berkeringat, tubuh membutuhkan cukup banyak air. Contohnya sehabis olahraga manusia memerlukan banyak air karena  sudah banyak mengeluarkan cairan. Dan pastinya banyak cairan yang terbuang karena telah melakukan banyak gerakan sehingga banyak mengkonsumsi air untuk menggantikan cairan yang sudah keluar.
3.      Menstabilkan pembuangan. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan di dalam usus besar. Proses ini akan mencegah gangguan pembuangan (konstipasi), karena gerakan usus menjadi lebih lancar. Contohnya pada setiap pagi hari setelah bangun tidur membiasakan minum air putih akan melancarkan pencernaan, dan biasanya akan rutin dengan membiasakan minum air setelah bangun tidur.

3 komentar:

  1. sungguh besar peran air dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.

    BalasHapus
  2. perbanyaklah mengkonsumsi air putih.karena air putih sangat berperan bagi kesehatan tubuh kita

    BalasHapus
  3. air akan selalu dan terus kita nikmati sampai anak cucu cicit kita asalkan kita bisa menjaga air, maka dari itu ayo sama-sama kita jaga air..mulai dari uang sampah pada tempatnya, tidak di sungai ya,, dan tanam pohon sebanyak-bayaknya..

    BalasHapus